Jumat, 14 September 2012

TUGAS P.T.I. - RANGKUMAN CHAPTER 1

Dunia Dengan Komputer (A World of Computers)

Komputer ada di mana-mana: di tempat kerja, di sekolah, dan di rumah. orang-orang gunakan semua ukuran dan jenis  komputer oleh berbagai sebab dan dalam suatu cakupan. Komputer adalah suatu alat utama dari komunikasi lokal dan global untuk milyar orang. Konsumen gunakan komputer yang sesuai dengan bisnis, karyawan dengan pelanggan dan karyawan yang lain, para siswa dengan para guru dan teman sekelas, dan personil militer dan anggota keluarga dengan para teman. Melalui komputer, masyarakat mempunyai alat untuk mengakses informasi dari seluruh dunia. Computer telah menjadi bagian dari setiap hidup manusia. jadi, banyak orang percaya 
bahwa terampil menggunakan komputer sangat penting untuk ke sukses dunia dimasa kini. Buku ini menyajikan anda pengetahuan menggunakan komputer yang terpelajar hari ini.

Apa yang dimaksud dengan Computer? (What Is a Computer?)

komputer adalah suatu alat elektronik yang beroperasi di bawah kendali dari perintah dan menyimpan dalam memorinya, yang dapat menerima data, memproses data menurut aturan yang ditetapkan, hasil menghasilkan, dan menyimpan hasil untuk penggunaan masa depan.

1.      Informasi dan Data (Data and Information)

Komputer memproses data ke dalam informasi. Data adalah suatu materi koleksi yang  tidak diproses, yang dapat meliputi teks, angka-angka, gambaran, audio, dan video. Informasi menyampaikan maksud/arti dan berguna bagi orang-orang. Banyak aktivitas harian salah satu melibatkan penggunaan dari atau tergantung pada informasi dari suatu komputer. sebagai contoh, komputer memproses beberapa data item untuk mencetak informasi dalam wujud suatu tanda terima mesin penghitung uang masuk.

2.      Pengolahan informasi Beredar (Information Processing Cycle)

Komputer memproses data masukan ke dalam informasi keluaran. Komputer menyelesaikan proses yang menggunakan perintah, yang merupakan langkah-langkah yang menjelaskan kepada komputer bagaimana cara melaksanakan tugas tertentu. Suatu koleksi dari perintah terkait untuk suatu tujuan yang umum adalah dikenal sebagai perangkat lunak. Suatu komputer sering menyimpan data, informasi, dan perintah di memori untuk masa depan bila akan digunakan lagi. Sebagian orang mengacu pada rangkaian dari masukan, proses, keluaran, dan aktivitas penyimpanan ketika pengolahan informasi berjalan. Kebanyakan komputer hari ini berkomunikasi dengan komputer yang lain. Sebagai hasilnya, komunikasi juga telah menjadi suatu penting unsur siklus pengolahan informasi.

Komponen (The Components of a Computer)

Dari suatu computer berisi komponen-komponen mekanik elektris, elektronik, dan mengenal sebagai perangkat keras.Komponen ini meliputi alat masukan, alat keluaran, suatu unit sistem, alat penyimpanan, dan alat komunikasi.
1.      Masuk Alat ( Input Devices)
Suatu alat masukan adalah komponen perangkat keras yang mengijinkan anda untuk memasuk perintah dan data ke dalam suatu komputer. Lima alat masukan yang secara luas digunakan adalah keyboard, mouse, microphone, scanner dan webcam.
2.      Alat Keluaran (Output Devices)
Suatu alat keluaran adalah komponen perangkat keras untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih. Tiga alat keluaran yang biasanya digunakan adalah suatu printer, monitor dan speaker
3.      Unit Sistem (System Unit)
Unit sistem adalah suatu perangkat yang berisi komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk proses data.Untaian dari unit sistem pada umumnya menjadi bagian dari atau dihubungkan ke suatu sirkuit yang biasa disebut motherboard. Dua komponen yang utama di motherboard adalah memori dan CPU ( Central  prosesing unit), adalah komponen elektronik yang menginterpretasikan dan menyelesaikan perintah dasar yang mebuat computer beroperasi. Memori terdiri dari komponen elektronik yang menyimpan perintah untuk dieksekusi dan data diperlukan oleh perintah itu. Walaupun beberapa format dari memori adalah permanen, kebanyakan memori menyimpan perintah dan data untuk sementara, yang berarti muatannya dihapus ketika komputer dimatikan.
4.      Alat Penyimpanan (Storage Devices)
Alat penyimpanan memegang data, perintah, dan informasi untuk masa depan bila akan  digunakan. Sebagai contoh, komputer dapat menyimpan ratusan atau berjuta-juta data. Alat penyimpanan menyimpan materi untuk selamanya. Suatu komputer menyimpan data, perintah, dan informasi di media penyimpanan . Contoh dari media penyimpanan adalah USB, hard-disk, cakram CD/DVD, dan kartu memori.
5.      Alat Komunikasi (Communication Devices)
Suatu alat komunikasi adalah suatu komponen perangkat keras yang dapat membuat sebuah komputer dapat mengirimkan dan menerima data, perintah, dan informasi ke dan dari satu atau lebih komputer atau alat yang gesit. Suatu alat komunikasi yang secara luas digunakan adalah modem. Komunikasi terjadi menggunakan media kabel yang berbentuk telepon, jaringan radio selular, satelit, dan media transmisi laini. Beberapa media transmisi, seperti jaringan radio selular dan satelit, menggunakan media tanpa kabel.

Kerugian dan Keuntungan dari Menggunakan Komputer (Advantages and Disadvantages of Using Computers)
masyarakat telah menuai banyak keuntungan dari menggunakan komputer. pengguna siapa saja dapat menggunaka komputer atau pergunakan informasi yang ada pada komputer. pengguna rumah dapat memperluas pengetahuannya karena mereka punya akses instan ke informasi dimana saja di dunia. Pengguna pelajar dapat membantu mereka dalam proses pembelajaran.

1.       Keuntungan dari Menggunakan Komputer (Advantages of Using Computers)
Manfaat dari menggunakan komputer adalah kecepatan, keandalan, konsistensi, penyimpanan, dan komunikasi.
• Kecepatan: Kapan data, perintah, dan informasi mengalir sepanjang sirkit  elektronik dalam suatu komputer, mereka bepergian pada kecepatan yang cepat. Komputer banyak memproses milyaran atau trilyunan operasi dalam suatu detik yang tunggal.
 • Keandalan: Komponen yang elektronik di komputer yang modern dan yang dapat dipercaya sebab mereka jarang pecah atau gagal.
 • Konsistensi: dengan proses dan masukan yang sama, suatu komputer akan menghasilkan yang sama secara konsisten.
 • Penyimpanan: Suatu komputer dapat memindahkan data dengan cepat dari penyimpanan ke memori, memproses itu, dan kemudian menyimpannya lagi untuk penggunaan masa depan.
• Komunikasi: Kebanyakan komputer hari ini dapat berkomunikasi dengan komputer yang lain, sering secara tanpa kawat.

2.       Kerugian dari Menggunakan Komputer (Disadvantages of Using Computers)
Beberapa kerugian-kerugian dari komputer berhubungan dengan resiko kesehatan, pelanggaran dari keleluasaan pribadi, keselamatan yang publik, dampak di angkatan kerja, dan tidak keuntungan dari penggunaan komputer suatu kerugian-kerugian dari komputer berhubungan dengan resiko kesehatan, pelanggaran dari keleluasaan pribadi, keselamatan yang publik, dampak di angkatan kerja, dan dampak di lingkungan.
 • Resiko kesehatan: penggunaan komputer yang tidak pantas dapat mendorong kearah kerugian atau kekacauan dari tangan, pergelangan tangan, siku, mata, dan leher.
• Pelanggaran dari Privacy: Hampir tiap-tiap peristiwa hidup disimpan dalam suatu komputer di suatu tempat. dari catatan mengenai kesehatan, laporan keuangann, mengenakan pajak, dan lain lain banyak kejadian, di mana arsip pribadi dan rahasia dilindungi dengan baik, individu sudah menemukan keleluasaan pribadi mereka melanggar dan identitas mencuri.
 • Safety yang publik: Sebagian dari para pemakai komputer tidak menaruh curiga, yang tidak bersalah ini sudah menjadi korban kejahatan oleh orang asing yang berbahaya. Melindungi diri anda dari penjahat ini dengan berhati-hati di e-mail dan di lokasi Web.
 • Berdampak pada di Labor Force: Walaupun komputer sudah meningkatkan produktivitas orang dan menciptakan suatu keseluruhan industri dengan beratus ribu dari pekerjaan tidak tetap yang baru, ketrampilan dari berjuta-juta karyawan telah digantikan oleh komputer.
 • Berdampak pada di Environment: Komputer yang memproduksi barang sisa komputer dan proses  sedang menghabiskan sumber alam dan mengotori lingkungan. Kapan komputer dibuang di landfills, mereka dapat melepaskan bahan-bahan beracun dan berpotensi berbahaya tingkat, air raksa, dan bernyala retardants.

Jaringan dan Internet (Networks and the Internet)
Suatu jaringan adalah suatu koleksi dari alat dan komputer menghubungkan bersama-sama, sering secara tanpa kabel, via media transmisi dan alat komunikasi. Ketika suatu komputer terhubungkan pada suatu jaringan, itu adalah online. Jaringan mengijinkan komputer untuk berbagi sumber daya, seperti perangkat keras, perangkat lunak, data, dan informasi. Di jaringan banyak orang, satu atau lebih komputer bertindak sebagai suatu server. Kendali server mengakses berbagai sumber daya di suatu jaringan. Komputer yang lain di jaringan, masing-masing menghubungkan suatu klien, meminta sumber daya dari server. Perbedaan yang utama antara komputer klien dan server adalah bahwa server biasanya mempunyai kuasa yang, lebih banyak ruang penyimpanan, dan kemampuan komunikasi yang diperluas.

·         Internet (The Internet)
Internet adalah suatu koleksi yang di seluruh dunia tentang jaringan yang menghubungkan berjuta-juta bisnis, pemerintah para agen, institusi yang bidang pendidikan, dan individu Lebih dari 1 milyar orang-orang di seluruh bumi gunakan Internet sehari-hari oleh berbagai sebab.

• Berkomunikasi dengan dan temu orang lain
• Melakukan akses dan riset sangat banyak berita dan informasi
• Berbelanja untuk baiknya dan jasa
• Bank dan menginvestasikan
• Mengambil bagian di pelatihan yang online
•Terlibat dalam aktivitas perjamuan, seperti liburan perencanaan, game permainan yang online, mendengarkan musik, menyaksikan atau mengedit video, dan surat kabar dan buku bacaan
• Download video dan musik
• Berbagi informasi, foto, dan video
• Akses dan saling berhubungan dengan orang dan aplikasi Web menghubungkan pada Internet untuk berbagi informasi dengan orang yang lain di seluruh bumi.

e-mail mengijinkan anda untuk mengirimkan dan menerima pesan ke dan  dari para pemakai lainnya. Dengan sekejap messaging terkirim, anda dapat mempunyai suatu tinggal percakapan dengan yang lain menghubungkan pemakai. Dalam suatu bercakap-cakap tinggal, anda dapat berkomunikasi dengan berbagai para pemakai pada waktu yang sama — banyak suka suatu diskusi kelompok. Anda juga dapat gunakan Internet untuk membuat suatu percakapan telepon.

Web, adalah singkatan dari World Wide Web, adalah salah satu jasa yang lebih populer di Internet. Berpikir tentang Web sebagai perpustakaan yang global tentang informasi tersedia untuk seseorang yang terhubungkan pada Internet. Web berisi milyaran dari halaman Web, suatu halaman Web dapat berisi teks, grafik, animasi, audio, dan video. Anda juga dapat bergabung dengan berjuta-juta orang-orang di seluruh dunia di suatu masyarakat yang online, suatu lokasi Web networking yang sosial atau suatu jaringan sosial yang online, yang mendorong anggota untuk berbagi minat, gagasan, cerita, foto, musik mereka, dan video dengan para pemakai lain yang dicatatkan.

Beratus ribu dari orang-orang hari ini juga gunakan blogs untuk menerbitkan pemikiran mereka di Web. Suatu blog adalah suatu lokasi Web yang informal terdiri dari artikel yang terupdate dalam suatu format jurnal atau buku harian, pada umumnya didaftarkan dipesan kebalikan yang menurut urutan waktu. Sebagaian orang yang lain dibaca artikel dalam suatu blog, mereka menjawab dengan pemikiran mereka sendiri.

Podcasts adalah suatu cara yang populer orang-orang secara lisan berbagi informasi di Web. Suatu podcast direkam audio disimpan di suatu lokasi Web yang dapat downloaded pada suatu komputer atau suatu pemain media yang mudah dibawa seperti suatu iPod. Suatu video podcast adalah suatu podcast yang berisi video dan pada umumnya audio. Pada suatu penempatan dan waktu yang menyenangkan, pemakai mendengarkan atau mengamati podcast yang downloaded.

Suatu aplikasi Web adalah suatu lokasi Web yang mengijinkan para pemakai untuk mengakses dan saling berhubungan dengan perangkat lunak dari alat atau komputer apapun yang dihubungkan ke Internet. Contoh dari perangkat lunak yang tersedia sebagai aplikasi Web meliputi. yang mengijinkan anda untuk mengirimkan dan menerima e-mail adalah siapkan pajak mu, mengorganisir foto digital, menciptakan dokumen, dan main game.

Perangkat lunak Komputer (Computer Software)
Perangkat lunak, juga disebut suatu program, terdiri dari satu rangkaian perintah yang terkait, mengorganisir untuk suatu tujuan yang umum, yang ceritakan kepada komputer tugas apa yang harus dilaksanakan dan bagaimana cara melaksanakannya. Anda saling berhubungan dengan suatu program melalui alat penghubung pemakainya. Alat penghubung pemakai mengendalikan bagaimana anda memasukkan perintah dan data dan bagaimana informasi ditampilkan dilayar. Dua kategori dari perangkat lunak adalah perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.

      Perangkat lunak Sistem (System Software)

Perangkat lunak sistem terdiri dari program yang mengendalikan atau memelihara operasi dari komputer dan alat nya. Perangkat lunak sistem bertindak sebagai alat penghubung antara pemakai, perangkat lunak aplikasi, dan computer’s perangkat keras.
Dua jenis perangkat lunak sistem adalah program kegunaan dan sistem operasi.

a      Sistem operasi (Operating System)
Suatu sistem operasi adalah satu set program yang mengkoordinir semua aktivitas antar alat perangkat keras komputer. System oprasi menyediakan fasilitas untuk para pemakai berkomunikasi dengan komputer dan perangkat lunak yang lain. Banyak komputer gunakan Microsoft Windows, versi yang terakhir atau Mac OS, sistem operasi Apple.

      Program Kegunaan (Utility Program)
Suatu program kegunaan mengijinkan seorang pemakai untuk melaksanakan tugas pemeliharaan yang pada umumnya berhubungan dengan memanage suatu komputer, alat nya, atau program nya. Sebagai contoh, anda dapat gunakan suatu program kegunaan untuk memindahkan foto digital pada suatu cakram yang berhubung dengan mata. Kebanyakan sistem operasi meliputi beberapa program kegunaan untuk memanage disk drive, pencetak, dan media lain dan alat.
Anda juga dapat membeli program kegunaan yang mengijinkan anda untuk melaksanakan fungsi manajemen komputer tambahan.

      Perangkat lunak Aplikasi (Application Software)
Perangkat lunak aplikasi terdiri dari program yang dirancang membuat para pemakai yang lebih produktif dan membantunya dengan tugas yang pribadi. secara luas digunakan jenis perangkat lunak aplikasi yang dihubungkan dengan komunikasi adalah suatu penelusur Web, yang mengijinkan para pemakai dengan koneksi Internet untuk mengakses dan memandang program atau halaman Web. Lain perangkat lunak aplikasi yang populer meliputi perangkat lunak yang pengolah kata, perangkat lunak spreadsheet, perangkat lunak database, dan perangkat lunak presentasi.

      Menginstal dan Menjalankan Program (Installing and Running Programs)
Ketika membeli perangkat lunak dari suatu pedagang eceran, anda secara khas menerima suatu kotak yang meliputi suatu disc yang berisi program. Jika anda memperoleh perangkat lunak dari suatu lokasi Web di Internet, anda mungkin mampu mendownload program.

Perintah di perangkat lunak ditempatkan di media penyimpanan, salah satu dimedia online.. Untuk gunakan perangkat lunak yang disimpan di tempat itu, seperti di suatu hard-disk atau disk, anda pada umumnya harus menginstal perangkat lunak. Aplikasi web yang disimpan secara online,

Penginstalan adalah proses dari menentukan perangkat lunak yang akan bekerja bersama komputer, pencetak, dan perangkat keras yang lain. Jika anda membeli suatu komputer, pada umumnya mempunyai beberapa perangkat lunak sebelum menginstall di hard-disk nya. Untuk mulai perangkat lunak yang tambahan dari suatu disk maka anda harus memasukkan disk program di suatu pembaca disk dan mengikuti perintah untuk mulai instalasi. Untuk menginstal perangkat lunak yang didownload, lokasi Web secara khas menyediakan perintah untuk bagaimana cara menginstal program di hard-disk.

Sekali diinstall, maka anda dapat menjalankan program. Kapan anda instruksikan komputer untuk menjalankan program yang diinstall, komputer akan memuat itu, yang berarti program dicopy dari disk ke memori. Sekali ketika di memori, komputer dapat melaksanakan, perintah di program sedemikian sehingga anda dapat gunakan program.
      Pengembangan software (Software Development)
Seorang programmer, kadang-kadang menghubungi seorang komputer programmer atau pengembang, seseorang yang kembangkan perangkat lunak atau tulis perintah mengarahkan komputer untuk memproses data ke dalam informasi.Ketika menulis perintah, seorang programmer harus pasti perbentengan program dengan baik sehingga komputer menghasilkan hasil yang diinginkan. Program yang kompleks dapat memerlukan ribuan berjuta-juta perintah.

Para programmer gunakan suatu alat pengembangan program atau bahasa program untuk menciptakan program komputer. Bahasa program yang populer meliputi C++, JavaScript, Visual C#, dan Visual Basic.

Kategori dari Komputer (Categories of Computers)
Ahli industri secara khas menggolongkan komputer di tujuh kategori: komputer pribadi (desktop), komputer mobile, gameing, server, mainframe, supercomputers, dan komputer yang ditempelkan. Suatu computer’s memiliki ukuran, kecepatan, daya proses, dan harga yang menentukan kategori terbaik sesuai dengan teknologi. memimpin ke arah pabrikan komputer yang secara terus menerus melepaskan model lebih baru yang meliputi kemampuan yang serupa.

Komputer pribadi (Personal Computers)
Suatu komputer pribadi adalah suatu komputer yang dapat melaksanakan semua dari masukan, pengolahan, keluaran nya, dan aktivitas penyimpanan dengan sendiri. Suatu komputer pribadi berisi memori, dan satu lebih banyak masukan, keluaran, dan alat penyimpanan. Komputer pribadi juga sering berisi suatu alat komunikasi. Dua pabrikan yang populer tentang komputer pribadi adalah PC dan Apple. Istilah, PC-compatible, mengacu pada komputer pribadi apapun berdasar pada disain komputer pribadi IBM yang asli.

Perusahaan seperti Dell, HP, dan Toshiba menjual komputer PC-compatible. komputer PC-compatible dan PC pada umumnya gunakan suatu sistem operasi Windows. Komputer apple pada umumnya gunakan suatu sistem operasi Macintosh (Mac OS).
Dua jenis komputer pribadi adalah komputer yang berbentuk buku catatan dan komputer desktop.

·         Komputer Desktop (Desktop Computers)
Suatu komputer desktop dirancang sedemikian sehingga unit sistem, alat masukan, alat keluaran, dan alat lain cocok seluruhnya di atau di bawah suatu meja. Di banyak model, unit sistem adalah suatu jangkung dan menara yang sempit, yang dapat duduk dalam lantai dengan tegak lurus

      Komputer notebook (Notebook Computers)
Suatu komputer notebook, juga disebut komputer laptop, adalah komputer pribadi yang dirancang untuk mudah dibawa-bawa. Komputer notebook adalah computer tipis dan ringan, namun mereka bisa kuat seperti rata-rata komputer desktop. Suatu netbook, yang mana adalah jenis komputer notebook, lebih kecil, Kebanyakan netbooks berharga kurang dari komputer notebook tradisional, pada umumnya hanya sedikit ratus dolar. Beberapa komputer notebook mempunyai sentuhan menyaring, membiarkan anda untuk saling berhubungan dengan alat dengan menyentuh layar, pada umumnya dengan ujung suatu jari.

·         PC Tablet (Tablet PCs)
Tablet PC adalah suatu jenis computer notebook yang mengijinkan anda untuk tulis atau mendukung layar yang menggunakan suatu pena yang digital. Dengan suatu pena yang digital, para pemakai dapat menulis atau menggambar dengan menekan pena di layar, dan mengeluarkan perintah kepada Tablet PC dengan pencabangan di layar. Karena para pemakai yang menyukai mengetik sebagai ganti tulisan tangan, beberapa disain Tablet PC mempunyai papan tombol orang lain mengijinkan anda untuk menghubungkan suatu papan tombol pada alat. Kebanyakan Tablet PC mempunyai sentuhan menyaring. PC tablet juga mendukung suara masuk dengan demikian para pemakai dapat masuk perintah isu dan teks dengan mengatakan ke dalam komputer.

2       Alat mobile (Mobile Devices)

Alat mobile adalah alat yang kecil cukup dibawa dalam saku, pada umumnya tidak mempunyai disk drive. Sebagai gantinya, alat ini menyimpan data dan program di memori yang khusus seperti kartu memori. Anda juga dapat menghubungkan suatu alat mobile pada suatu komputer pribadi untuk menukar informasi antara komputer dan alat mobile.

Beberapa alat mobile adalah Internet-enabled, maksudnya mereka dapat menghubungkan pada Internet secara langsung. Dengan suatu alat Internet-enabled, para pemakai dapat bercakap-cakap, mengirimkan e-mail dan pesan, dan mengakses Web. Lima jenis alat mobile yang populer adalah telepon yang cerdas, PDA, handheld komputer, pemain media yang yang jinjing, dan kamera digital.

·         Telepon cerdas (Smart Phones)

Menawarkan kenyamanan disampaikan dari satu operasi, suatu telepon yang cerdas adalah suatu telepon Internet-enabled yang pada umumnya juga menyediakan fungsi manajemen informasi pribadi seperti suatu penanggalan, suatu janji temu membukukan, suatu alamat membukukan, suatu kalkulator, dan suatu notepad. Sebagai tambahan terhadap dasar menelpon kemampuan, suatu telepon yang cerdas mengijinkan anda untuk mengirimkan dan menerima e-mail akses dan pesan Web. Beberapa telepon yang cerdas berkomunikasikan secara tanpa kawat dengan komputer atau alat yang lain.
Banyak telepon yang cerdas juga menawarkan berbagai perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet, dan game, dan kemampuan pelaksanaan konferensi video. Banyak telepon yang cerdas mempunyai keypad yang berisi huruf dan angka kedua-duanya dapat digunakan untuk memutar angka telepon nomor telepon dan menulis pesan. Beberapa mempunyai sentuhan menyaring, di mana anda tekan object di layar untuk membuat pemilihan dan masuk teks melalui/sampai suatu layar-terpasang papan tombol.
 • Suatu pesan teks adalah suatu catatan yang pendek/singkat, secara khas lebih sedikit dibanding 300 karakter, mengirim ke atau dari suatu telepon yang cerdas atau lain alat mobile.
 • Suatu pesan cepat adalah suatu komunikasi Internet yang realtime, di mana anda menukar pesan dengan para pemakai lain yang dihubungkan.
 • Suatu pesan gambar-an adalah suatu foto atau gambaran yang lain, kadang-kadang bersama dengan bunyi dan teks, mengirim ke atau dari suatu telepon yang cerdas atau lain alat mobile
 • Suatu pesan video adalah suatu klip video yang pendek/singkat, pada umumnya sekitar 30 detik, dikirim ke atau dari suatu telepon yang cerdas atau lain alat mobile.
·         PDA
Suatu PDA menyediakan manajemen informasi pribadi berfungsi seperti suatu penanggalan, suatu janji temu membukukan, suatu alamat membukukan, suatu kalkulator, dan suatu notepad. Kebanyakan PDA juga menawarkan berbagai perangkat lunak kation appli yang lain seperti pengolah kata, spreadsheet, keuangan yang pribadi, dan game. Suatu alat masukan yang umum untuk suatu PDA adalah suatu jarum pemutar piringan hitam.

Beberapa PDA mempunyai papan tombol miniatur atau suatu layar-terpasang papan tombol. Beberapa PDA juga dukungan suara masuk, sudah dipasang kamera, dan dapat berfungsi sebagai suatu pemain media dapat dibawa. Banyak PDA adalah Internet-enabled sehingga para pemakai dapat memeriksa e-mail dan akses Web. Beberapa juga menyediakan kemampuan telepon. Sehingga PDA dan telepon cerdas melanjut suatu kecenderungan dari pemusatan.

·         Handheld Komputer  (Handleld Computers)
Suatu komputer handheld, kadang-kadang dikenal sebagai suatu Ultra-Mobile PC (UMPC), adalah suatu komputer yang kecil cukup di satu tangan. Banyak komputer handheld komunikasikan secara langsung tanpa kawat dengan komputer atau alat yang lain dan juga meliputi suatu jarum pemutar piringan hitam atau pena yang digital untuk masukan.

komputer Handheld beberapa mempunyai miniatur atau mengkhususkan papan tombol. Banyak komputer handheld adalah servis dan spesifik-industri kebutuhan dari karyawan yang gesit, seperti penyerahan parsel dan pembaca meter orang-orang

·         Media Players Portable (Portable Media Players)

Suatu Media Players Portable adalah suatu alat mobile yang anda dapat menyimpan, mengorganisir, dan main media digital. Sebagai contoh, anda dapat mendengarkan music, mengamati video, gambar hidup, dan televisi menunjukkan; dan pandangan memotret di device’s layar. Dengan download media yang digital dari suatu computer pada Media Players Portable atau ke media yang anda memasukkan di alat.

Beberapa Media Players Portable adalah Internet-enabled sehingga anda dapat mengakses lokasi Web dan mengirimkan e-mail secara langsung dari alat. Media Players Portable pada umumnya meliputi satu set earbuds, yang adalah para pembicara kecil yang beristirahat di dalam saluran telinga masing-masing. Beberapa Media Players Portable mempunyai suatu sentuhan menyaring, sedang orang yang lain mempunyai suatu sentuhan sensitive mengisi bahwa anda beroperasi dengan suatu jari atau ibu jari, melayari melalui media yang digital, adalah melakukan penyesuaian volume, dan customize menentukan.

·         Kamera digital (Digital Cameras)

Suatu kamera digital adalah suatu alat yang mengijinkan para pemakai untuk mengambil gambar yang dipotret secara digital, sebagai ganti film yang tradisional. Sedang kamera banyak orang yang digital kelihatan seperti suatu kamera yang tradisional, beberapa dibangun ke dalam telepon yang cerdas dan lain alat mobile.

Walaupun kamera digital pada umumnya mempunyai beberapa jumlah memori internal untuk menyimpan gambaran, kebanyakan para pemakai menyimpan gambaran di media penyimpanan yang kecil seperti kartu memori. Kamera yang digital secara khas mengijinkan para pemakai untuk meninjau ulang, dan kadang-kadang memodifikasi gambar. Beberapa kamera yang digital menghubungkan ke atau dikomunikasikan secara langsung tanpa kawat dengan suatu pencetak atau komputer, membiarkan para pemakai untuk mencetak atau memandang gambaran secara langsung dari pencetak. Beberapa kartu memori dapat menghubungkan pada suatu jaringan secara langsung tanpa kawat, sehingga anda dapat memindahkan foto secara langsung dari kartu memori di kamera pada Internet tanpa menuntut suatu komputer.

Game Menghibur (Game Consoles)

Suatu game menghibur adalah suatu alat komputasi yang gesit yang dirancang untuk pemain-tunggal atau multiplayer game video. Game baku menghibur penggunaan adalah suatu handheld controller. Suatu televisi menjadi suatu alat keluaran dan hard-disk, disk atau kartu memori untuk media penyimpanan, ukuran yang ringkas tentang game menghibur buatannya mudah untuk digunakan dirumah dikereta dan dimobil. Tiga model yang populer adalah Microsoft’s Xbox 360, Nintendo’s Wii, dan Sony PlayStation 3. Suatu game handheld memiliki ukuran yang cukup kecil cocok di satu tangan. Beberapa model  gunakan magasin untuk menyimpan game yang lain gunakan suatu kartu memori atau suatu disk. Banyak game handheld menghibur dapat dikomunikasikan secara langsung tanpa kawat dengan lain yang serupa menghibur untuk multiplayer.Dua model yang populer adalah Sony’s PlayStation Portable ( PSP), dan Nintendo DS Lite.

Server (Servers)

Suatu kendali server mengakses pada perangkat keras, perangkat lunak, dan lain sumber daya di suatu jaringan dan menyediakan suatu kawasan penumpukan barang yang dipusatkan untuk program, data, dan informasi. Server dapat mendukung mulai dari dua sampai beberapa ribu komputer yang dihubungkan pada waktu yang sama. Dalam banyak kesempatan, satu server mengakses data, informasi, dan program di server yang lain. Di kasus yang lain, orang-orang gunakan terminal atau komputer pribadi untuk mengakses data, informasi, dan program di suatu server. Suatu terminal adalah suatu alat dengan suatu monitor, papan tombol, dan memori.

Mainframe  (Mainframes)

Suatu mainframe adalah suatu komputer besar, mahal, kuat yang mampu menangani ratusan atau beribu-ribu para pemakai yang dihubungkan secara serempak. Mainframe menyimpan sejumlah yang luar biasa tentang data, perintah, dan informasi. Korporasi paling utama gunakan mainframe untuk aktivitas bisnis. Mainframe juga dapat bertindak sebagai server dalam suatu lingkungan jaringan. Server dan lain mainframe dapat mengakses informasi dan data dari suatu mainframe. Orang-Orang juga dapat mengakses program di mainframe yang menggunakan komputer pribadi atau terminal.

Supercomputers (Supercomputers)

Suatu supercomputer adalah yang paling cepat, komputer yang paling kuat dan paling mahal. Yang paling cepat supercomputers adalah mampu dari memproses perintah sepuluh pangkat lima belas lebih dari satu dalam suatu detik/second yang tunggal. Dengan anak timbangan yang melebihi 100 ton, komputer ini dapat menyimpan lebih dari 20,000 kali informasi dan data dari suatu rata-rata komputer desktop.

Komputer ditempelkan (Embedded Computers)

Suatu komputer yang ditempelkan adalah suatu komputer yang tujuan-khusus yang berfungsi sebagai komponen dalam suatu produk yang lebih besar. Komputer yang ditempelkan dimana-mana mulai dari rumah dan mobilmu, dan di tempat kerja. 

  • Unsur-Unsur dari suatu Sistem informasi (Elements of an Information System)

Informasi harus akurat, terorganisir, tepat waktu, dapat diakses, bermanfaat,, dan costeffective untuk menghasilkan. Informasi pembangkit dari suatu komputer memerlukan yang berikut lima unsur-unsur:
• Perangkat keras
• Perangkat lunak
• Data
• Orang-Orang
• Prosedur
Bersama-Sama, unsur-unsur ini ( perangkat keras, perangkat lunak, data, orang-orang, dan prosedur) meliputi suatu sistem informasi. menunjukkan bagaimana masing-masing dari unsur-unsur dari suatu sistem informasi di suatu perusahaan mungkin saling berhubungan. Perangkat keras harus yang dapat dipercaya dan yang mampu dari menangani diharapkan beban kerja. Perangkat lunak harus dikembangkan secara hati-hati dan diuji secara menyeluruh.

Kebanyakan perusahaan dengan komputer mid-sized dan yang besar mempunyai suatu IT ( teknologi informasi)departemen. Mengorganisir di departemen IT harus trampil dan terbaru di teknologi yang terakhir. IT mengorganisir juga perlu melatih para pemakai sedemikian sehingga mereka memahami bagaimana cara gunakan komputer dengan baik. Akhirnya, semua aplikasi IT perlu sudah siap tersedia mendokumentasikan prosedur yang alamat pada beroperasi komputer dan menggunakan program nya.

  • Contoh dari Pemakaian komputer (Examples of Computer Usage)

Tiap hari, orang-orang di seluruh bumi bersandar pada  jenis komputer yang berbeda untuk berbagai aplikasi. Untuk menggambarkan cakupan berguna untuk komputer, bagian ini mengambil anda di suatu perjalanan keliling visuil dan yang naratif dari lima kategori dari para pemakai:
  
1.   Rumah Pemakai (Home Users)
Di suatu peningkatan jumlah rumah, komputer tidak lagi adalah suatu kenyamanan. Sebagai gantinya, ini merupakan suatu keperluan dasar. Masing-Masing anggota keluarga, atau rumah pemakai, meluangkan waktu di komputer untuk pertimbangan berbeda yang meliputi manajemen keuangan pribadi, Web mengakses, komunikasi, dan pertunjukan.

Di Internet, para pemakai rumah mengakses suatu sangat besar jumlah informasi, melakukan riset, mengambil kelas perguruan tinggi, membayar rekening/daftar, mengatur investasi, toko, mendengarkan radio, mengamati gambar hidup, buku membaca, memfile pajak, membukukan reservasi perusahaan penerbangan, membuat percakapan telepon, dan main game.  Mereka juga berkomunikasi dengan orang lain di seluruh bumi melalui e-mail, blogs, dan bercakap-cakap menggunakan komputer pribadi, telepon yang cerdas, dan lain alat yang gesit.

2.   Kantor Office/Home kecil Pemakai (Small Office/Home Office User)
Komputer membantu para pemakai kantor pusat dan bisnis yang kecil dalam memanage sumber daya secara efektif. Suatu kantor office/home yang kecil ( SOHO) meliputi perusahaan apapun dengan lebih sedikit dibanding 50 karyawan, seperti halnya yang kerja mandiri yang bekerja dari rumah. Kantor kecil meliputi praktek hukum lokal, perusahaan akuntansi, bepergian para agen, dan penanam bunga. SOHO para pemakai secara khas mempunyai suatu komputer desktop untuk melaksanakan beberapa atau semua dari tugas-tugas mereka. 

SOHO para pemakai sering bekerja dengan perangkat lunak bisnis dasar seperti program spreadsheet dan pengolah kata yang membantu dengan alat-alat pembayaran dan persiapan dokumen. Mereka adalah mungkin gunakan spesifik-industri yang lain jenis perangkat lunak. Suatu bagian yang auto menyimpan, sebagai contoh, akan mempunyai perangkat lunak yang mempertimbangkan bagian memandang, menerima pesanan/perintah dan pembayaran, dan pembaharuan menginventarisir.
3.   Pemakai gesit (Mobile User)
Hari ini, sekolah dan bisnis  sedang ber;kembangkan untuk melayani orang-orang ke seberang negeri dan di seluruh bumi. Seperti itu, terus meningkat lebih banyak para siswa dan karyawan adalah para pemakai yang gesit, siapa yang bekerja di suatu komputer atau alat gesit menghabiskan waktu dari suatu kantor pusat/ kantor besar, kantor pusat, atau sekolah.

4.   Menggerakkan Pemakai (Power User)
Seorang pemakai, memerlukan kemampuan dari suatu clian atau lain jenis komputer yang kuat. Contoh dari para pemakai meliputi insinyur, ilmuwan, arsitek, penerbit desktop, dan seniman yang grafis. Menggerakkan para pemakai sering bekerja dengan multimedia, mengkombinasikan teks, grafik, audio, dan video ke dalam satu aplikasi.Para pemakai ini memerlukan komputer dengan pengolah yang sangat cepat oleh karena sifat alami pekerjaan mereka. Sebagai contoh, arsitek dan insinyur gunakan perangkat lunak untuk draft dan mendisain rencana denah, pemasangan yang mekanis, atau sarana angkut. Suatu penerbit desktop gunakan perangkat lunak untuk siap[kan literatur pemasaran. Suatu seniman yang grafis gunakan perangkat lunak untuk menciptakan pekerjaan menggambar yang canggih. Perangkat lunak ini pada umumnya adalah mahal oleh karena nya khusus disain.

·        5.   Perusahaan Pemakai (Enterprise User)
Suatu perusahaan mempunyai ratusan atau beribu-ribu pelanggan atau karyawan yang memasukkan atau berdagang dengan kantor ke seberang suatu daerah, negeri, atau dunia. Masing-Masing pelanggan atau karyawan yang gunakan suatu komputer di perusahaan adalah seorang perusahaan pemakai. Banyak perusahaan yang besar gunakan kata, perusahaan yang menghitung, mengacu pada jaringan yang sangat besar tentang komputer yang temu kebutuhan komputasi yang berbeda mereka. Jaringan memudahkan komunikasi antar karyawan  sama sekali penempatan. Para pemakai mengakses jaringan dari mainframe atau server melalui desktop komputer, komputer yang gesit, dan alat yang gesit. Para pemakai perusahaan bekerja dengan pengolah kata, spreadsheet, database, dan perangkat lunak presentasi.

  • Aplikasi Komputer di Masyarakat (Computer Applications in Society)

Komputer telah membuat orang-orang saling berhubungan secara langsung dengan komputer di bidang seperti pendidikan, keuangan, pemerintah, pelayanan kesehatan, ilmu pengetahuan, terbitan, perjalanan, dan pabrikasi. Sebagai tambahan, mereka dapat menuai manfaat dari terobosan dan kemajuan dalam bidang :
1.      Pendidikan (Education)
2.      Keuangan (Finance)
3.      Pemerintah (Government)
4.      Pelayanan kesehatan (Health Care)
5.      Ilmu pengetahuan (Science)
6.      Terbitan (Publishing)
7.      Perjalanan (Travel)
8.      Pabrikasi (Manufacturing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar